Jumat, 22 April 2011

Road To Malimping (Malingping) On My Review

Beeeeuuuuh jauhnya daerah yang namanya Malingping itu,,,kalo bukan karena kena wajib internship disana mungkin gue gak pernah menjamah daerah itu kali,,

Perjalanan gue hari ini dimulai dari Ciledug jam 08.30 pagi, gue langsung ke alam sutra-BSD dan masuk tol yang ke Merak dari Kebon Nanas. Gue ikutin petunjuk yang dikasih Arum (dr.Buchori), yaitu lewat Serang, exit tol Serang Timur kemudian menuju arah Kota Serang, Begitu ketemu perempatan Carrefour belok kiri, terus aja ikutin jalan sampe ketemu traffict light ke-2 belok kiri (arah Pandeglang). Nah udah deh tuh berikutnya gue ngikutin papan ijo (penunjuk jalan) arah ke Pandeglang terus ke Labuan,,nantinya bakal lewat pusat kota Pandeglang dimana tempat berada kantor-kantor pemerintahan, MUI, Pengadilan dll. Gue juga lewatin daerah yang namanya Baros, lewatin RSUD Berkah Pandeglang.

Ikutin aja terus tuh arah Labuan sampe ketemu papan ijo yang nunjukin arah Saketi (Saketi ini masih termasuk Pandeglang),,ikutin deh,,setelah di daerah Saketi, baru akan ketemu papan ijo yang nunjukin arah ke Malingping,,maka masuklah kita di Jalan yang namanya Jl.Saketi-Malingping.



FYI guys jauuuhh bangeet,,ibu gue aja (gue juga sih) udah sampe ketiduran trus bangun dan tidur lagi kemudian bangun lagi dst tetep aja gak sampe-sampe..

Lanjut,,di Jl.Saketi-Malingping gue melewati Kecamatan Bojong, Pandeglang. Ada salah satu desanya namanya Citumenggung. Di Kecamatan Bojong ini jalanan udah mulai banyak yang rusak,,(pinter-pinter deh pilih jalan),,buat perhatian sampai dengan KM (kilometer) ke 14,9 di jalan ini hanya terdiri dari perkampungan, persawahan,,dan pemandangan yang cukup indah meskipun jalan rusak.
Bukti-bukti jalan rusak


Pemandangannya cukup indah kan??


Barulah di KM ke-15 kita bisa menemukan POM bensin (SPBU Pertamina). Setelah Kecamatan Bojong kita menuju Kecamatan Picung, melewati pasar Picung di KM ke-15,4 dimana terletak ALFAMART dan INDOMARET,,dan beberapa rumah makan yang lumayan (kalau mau istirahat makan siang. Dari pasar ini baru akan terlihat lagi papan ijo dengan tulisan Malingping (43 KM).

Sepanjang Kecamatan Picung banyak orang yang usaha kayu,,seingga terlihat banyak batang pohon yang baru ditebang tergeletak di pinggir jalan. Menurut pengamatan gue di sepanjang jalan ini gak tersedia PJU (Penerangan Jalan Umum) dan ada beberapa segmen jalan yang sedang dalam perbaikan, semoga saja segera selesai (sebelum kita selesai Internship). Oiya sebetulnya mulai dari Saketi udah banyak truk yang melintas dan ada angkutan Elf jurusan Serang-Malingping (via Cikeusik) dan Binuanggeun-Serang. Gue juga liat ada bis Damri Jurusan Serang (tau dari mana?? gak ada tulisannya). Menurut pendapat gue sih angkutan disini lumayan jarang, buktinya sekalinya lewat penuh banget sampe ada yang naik di lantai 2 a.k.a atap mobil.

Setelah lewat Kecamatan Picung masuklah ke Kecamatan Banjarsari,,makin parah aja jalanan disini. Pada KM ke-22,5 bisa ditemukan lagi INDOMARET Jalupang, baru ada lagi papan ijo yang tulisannya MALINGPING (36,3 km). Beberapa desa yang akan dilewati di Kecamatan Banjarsari ini diantaranya desa Cidahu, desa Cilegon-Ilir, desa Tamansari, desa Leuwi Ipuh, desa Bojong Juruh dan desa Cipeundeuy.

(Bete Videonya gak bisa di Upload) -- cuma bisa fotonya nih

Disepanjang Banjarsari kita akan disuguhi pemandangan Kebon Karet (lebih mirip hutan sih). Dan jalanan yang bikin mobil terus bergoyang ajrut-ajrutan (cocok banget dah sambil di stel musik yang up bit hehe..)


Kita akan melewati 2 kali jembatan seperti ini.


SPBU baru akan ditemui lagi pada KM ke-43,3 setelah pasar Bojong Juruh. Setelah kebon karet pemandangan dilanjutkan oleh adanya kebon kelapa sawit. Mirip banget kaya perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai lewat Duri cuma disini gak ada pipa-pipa Caltex.



Kegiatan Bongkar-Muat Kelapa sawit


Dan di beberapa segmen jalan dengan tepi jurang.


Akhirnya pada pukul 15.20 sampai juga di RSUD Malingping. jadi total perjalanan 6 jam 50 menit (ini udah termasuk berhenti untuk sholat 30 menit dan makan siang 30 menit). RS nya masih sepi kawan-kawan. Ini gue foto rencana pengembangannya.


Pas gue kesana cuma ada 1 orang dokter yang tugas jaga se-RS mulai dari IGD, Bangsal dan VK, namanya dr.Susi (dari Unjani..dimana sih..?!?!) . Ada juga 1 orang bidan (lupa namanya) dan beberapa orang perawat, salah satunya bernama mbak Atin yang nganterin gue keliling.
Ini beberapa foto mungkin bisa menggambarkan situasi disana.


Ini Lobby nya..kosong..!!

disana ada OK nya tapi gak pernah dipake..katanya sih ada residen bedah namanya dr. Asep yang suka praktek tapi blom pernah pake OK. Jadi sekarang jumlah dokter spesialis di RSUD Malingping adalah 0 orang alias gak ada spesialis...


IGD RSUD Malingping,,,sepi...!! bersih..!!


Ruang Kebidanan (VK)

Ruang rawatnya juga cuma dikit. Terdiri dari Kelas I (ada 3 kamar), Kelas 2 (2 kamar, untuk perempuan dan laki-laki dipisah), kelas 3 (2 kamar, untuk perempuan dan laki-laki dipisah @ 4 bed)


Bangsal rawat inapnya


Ambulance yang sangat diandalkan untuk merujuk pasien ke fasilitas yang lebih lengkap.

Rumah dinas (rumdin) dokter berada sekitar 100 meter dari RS. bentuknya seperti komplek yang isinya Pos Satpam, gudang dan 4 unit rumdin (sebenernya ada 5 tapi yang satu paling ujung rusak karena longsor). 1 unit yang paling depan udah ditempatin sama keluarga dr.Gindo dengan istri dan dua anaknya yang lucu-lucu. Sisanya 3 unit lagi, yang satu untuk sementara dipake sebagai gudang, dan sisanya masih KOSONG (maap Rumdinnya dikunci, jadi gak bisa liat isinya).


Komplek Rumdin Dokter


Salah satu unit rumdin (ibu gue ikut eksis)


Rumdin, unit terbelakang yang hancur karena longsor

Rumdin bener-bener cuma disediain bangunan saja, @ terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tamu dan dapur. Jadi harus siapin sendiri barang-barang isiannya. Sekitar 200 meter dari RSUD ke arah timur ada pasar, INDOMARET dan ALFAMART,,so dont worry..!! Tapiiii......sepenglihatan gue sepanjang perjalanan GAK ADA BANK BNI (ATM nya juga gak ada)....kyanya sih yang ada itu BANK BRI tapi cukup jauh dari RSUD.

Satu lagi Plus nya ada Hotel Bahari yang letaknya kira-kira 200 meter dari RSUD. Jadi kalo ada ornag tuanya yang mau dateng bisa nginep di situ.

Pulang dari RSUD Malingping & (jam 16.45)gue lewat Gunung Kencana, ada Kampung namanya Kandang Sapi. Jadi bisa dibilang ada sekolahan di Kandang sapi bahkan cuma di Malingping ada Masjid di Kandang Sapi,,hihi,,,lucu aja kedengerannya.. Berdasarkan Informasi lewat sini jalannya lebih bagus tapi lebih jauh dan rawan (namanya juga gunung) lebih sepi dan jalanannya itu mendaki gunung lewati lembah dan jurang dipinggirnya.

Kalo lewat Gn. Kencana munculnya di Kota Rangkasbitung harusnya sih dari Rangkas ke arah Pandeglang lagi,,jangan ke arah Jakarta atau Bogor,,tapi karena gue salah ambil ke arah Jakarta(via Cikande) dapet lagi deh jalanan super duper ancur lebih parah dari sebelumnya (banyak kubangan). Munculnya di Balaraja. Tapi maap detailnya gak terlalu diperhatiin karena udah malem gelap banget dan cuaaapek..bobo deh gue hehehe...sampe-same di rumah jam 23.40 (udah termasuk berhenti untuk Sholat & makan di Saung Dilla- Sampay uenaaakk).

Sekian,,begitulah hasil survey gue ke Malingping hari ini,,,cukup melelahkan dan bikin gue mikir,,kira-kira harga helikopter berapa ya?? hehe... lumayan tuh perjalanan, tinggal numpang di helipad (semoga boleh) trus mendarat di kebon manapun di Malingping (silahkan pilih)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar